Friday, August 13, 2010

Ayam kukus dengan rice cooker

Kemarin, setelah searching2 melalui om google, akhirnya nemu menu atau lebih tepatnya cara mengkukus ayam pake rice cooker. Krn gw ga punya dandang kukusan, tapi pengen makan ayam kukus, akhirnya terpikirkan untuk pake rice cooker. Tapi untuk pembuktian, apakah bisa, maka gw melakukan penelitian melalui om google. Akhirnya dapat salah satu website yg mengatakan "bisa mengukus ayam dengan rice cooker" lengkap dengan caranya. Gampang banget sih.

Bahan:

100 gram dada ayam tanpa tulang tanpa kulit.
Sedikit garam, lada, dan oregano kering.

Cara:

Dada ayam gw lumurin dengan garam, merica dan oregano kering, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam biar meresap. Rice cooker bagian bawah gw isi dengan beras dan air (pingin masak nasi), kemudian gw taruh partisi diatasnya yg biasanya bolong2 (bagian dari rice cooker. Biasanya dapat klo beli rice cooker). Nah, ayam yg udh gw bumbuin tadi, gw taro langsung ke partisi bolong2 tersebut. Kemudian, rice cooker mulai gw nyalain. Nunggu sampe nasi matang, berarti ayamnya juga matang. Jadi deh, ayam kukus.

Ada bonusnya pula lho! Kan partisinya bolong2 ya...jadi pas selama mengukus ayam tersebut, sari patinya (dengan bumbu) menetes lewat bolongan partisi ke nasi yg juga sedang dimasak. Alhasil, nasinya jadi ada rasanya seperti nasi hainan!! Uenak tenan! Makannya pake salad dengan dressing olive oil, merica, dan garam. Ga cocok sih, harusnya steamed veggies ya. Tapi, krn masih ada salad dkulkas, jadi makan pake itu deh. Enak juga kok. Ayamnya apa lagi. Mak nyusss...jadi ketagihan deh...

Nanti klo gw udh punya gambarnya, gw akan posting ya. Wait and see! ^^

2 comments: